Mengenal Shock Absorber
Mengenal Shock Absorber
Shock Absorber |
Bahkan ada yang nyebut dengan sokbeker, dan lain lain.
Sesuai dengan terjemahan namanya yaitu Menyerap Guncangan, Shock Absorber dapat diartikan sebagai sebuah alat mekanik yang dirancang untuk meredam hentakan/ guncangan yang disebabkan oleh energi kinetik.
Ada Banyak merk Shockabsorber yang beredar baik itu yang OEM ataupun yang after market macam Kayaba, Bilstein, Monroe, Tein, Koni, Rancho, Tanabe, HKS dll
Fungsi Utama Shock Absorber
* Meredam ayunan/ getaran yang terjadi pada kendaraan* Memberikan kestabilitasan kendaraan dan memudahkan pengendalian.
* Meningkatkan kenyamanan pengendara dan penumpang.
* Memberi Keawetan pada kendaraan itu sendiri,
Dari Media Pengisinya dibedakan menjadi
Mono Tube & Twin Tube |
Tabung dalam (cylinder) berisi penuh dengan oli Pada saat peredam kejut bekerja, oli akan mengisi sebagian ruang pada tabung luar.
Shock Absorber Gas
Tabung dalam (cylinder) berisi penuh dengan oli dan dimasukkan gas nitrogen bertekanan yang akan mengisi ruang pada tabung luar pada saat bekerja.
Untuk Membedakan antara Shock Absorber Oli dan Gas, Selain dari Tulisan dari keterangan badan shock tersebut, anda juga bisa mencoba untuk menekan shock tersebut. Untuk shock dari Oli dia akan diam, sementara kalau berisi Gas maka secara perlahan shock yang tadi anda tekan akan perlahan lahan kembali memanjang. ( Cara ini juga bisa untuk pertanda kalau shock tersebut masih bekerja dengan baik).
Dari Konstruksinya dibedakan menjadi
Mono Tube dan Twin Tube |
Hanya terdiri dari satu ruangan tabung.
Twin Tube
Terdiri dari dua tabung
Untuk Lebih Jelasnya langsung lihat gambar disamping ini aja ya, he99
Dari Gaya Redamnya dibedakan
Single Action
Pada Jenis Ini Gaya redam hanya terjadi pada langkah memanjang (Rebound Stroke) Sedangkan Gaya redam tidak terjadi pada langkah memendek (Compression Stroke).Double Action
Gaya redam terjadi pada langkah memanjang (Rebound Stroke) dan langkah memendek (Compression Stroke)