Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memeriksa kondisi Per Daun (leaf spring)

Memeriksa kondisi Per Daun 

proses me rol per daun
Proses me Rol per daun 
Anda memiliki mobil dengan suspensi belakang model per daun. (misalnya Daihatsu taft non independen, Kijang kapsul, isuzu panther, mitsubishi kuda, Suzuki carry dan lain lainnya)
Dengan berjalannya waktu mungkin anda merasakan mengapa tunggangan kesayangan anda makin lama menjadi makin keras terutama suspensi belakang.
Salah satu kambing hitam pertama tentunya adalah kondisi shock absorber belakang. Tetapi bagaimana seandainya setelah diganti dengan shock yang baru, ternyata suspensinya masih keras juga.
Bila itu kejadiannya coba anda luangkan waktu sejenak untuk mengamati kondisi per daun suspensi anda. Jangan jangan sudah menjadi Lurus dan tidak parabolik lagi.
Yang menjadi pertanyaan, bagaimana kita tahu kalau peer daun tersebut menjadi lurus dan berkurang paraboliknya. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah melihat kondisi Anting dari per daun itu sendiri.
Kondisi perbandingan per daun
Kondisi perbandingan per daun
Coba anda amati gambar disamping kanan ini bawah ini. disitu ada 2 buah gambar perbandingan. Kebetulan saya memiliki gambar dua buah mobil sejenis dan setipe (Isuzu Panther Grand Touring) dengan kondisi per yang sama sama masih orisinil dari pabrik. dan kedua mobil dalam kondisi kosong dan tanpa beban. Dari gambar terlihat bahwa salah satu anting per tersebut telah menjorok kebelakang (gambar didalam lingkaran)sedang yang satunya masih tegak. Anting Per yang sudah menjorok kebelakang mengindikasikan bahwa peer tersebut sudah menjadi lebih lurus non parabolik sehingga membuat anting tersebut bergeser kebelakang.

Kesimpulan dan Solusi

  • Per daun yang sudah menjadi lurus non parabolik akan lebih keras, karena jarak main menjadi lebih sedikit. (dengan catatan diperbandingkan dengan kondisi desain awal lho ya)
  • Solusi termudah dan termurah adalah dengan cara me rol kembali per daun anda agar menjadi lebih parabolik atau kembali ke kondisi awal.
  • Solusi terbaik adalah dengan mengganti per dengan yang lebih baru. karena bila dengan me rol per daun maka ada kemungkinan hasil rol rolan tidak bisa sama kekerasaan dan tingkat paraboliknya, dan bila mobil anda selalu diberi muatan berat maka hasil rol rolan per akan lebih mudah menjadi lurus lagi.

Semoga Bermanfaat